1. Masa bayi
Usia 0-2 tahun.
orang lain yang sigifikan itu seseorang yang keibuan.
proses interpersonal kelembutan.
pembelajaran penting ibu yang baik atau ibu yang buruk, saya yang baik atau saya yang buruk.
2. masa kanak-kanak
usia 2-6 tahun.
orang lain yang signifikan adalah orang tua.
proses interpersonal perlindungan akan rasa aman melalui teman khayalan.
pembelajaran penting bahasa sintaksis.
3. masa juvenil
usia 6- 8,5 tahun.
orang lain yang signifikan teman bermain dengan status yang setara.
proses interpersonal orientasi akan hidup dalam dunia bersama kelompok teman.
pembelajaran penting persaingan, kompromi, kerjasama.
4. masa pra remaja
usia 8,5- 13 tahun.
orang lain yang signifikan teman tunggal.
proses interpersonal keintiman.
pembelajaran penting afeksi, dan rasa hormat dari kelompok teman.
5. Remaja awal
Usia 13- 15 tahun.
Orang lain yang signifikan beberapa teman.
Proses interpersonal keintiman dan berahi terhadap orang yang berbeda.
Pembelajaran penting keseimbangan berahi, keintiman, dan operasi rasa aman.
6. Remaja akhir
Usia 15-20 tahun.
Orang lain yang signifikan kekasih.
Proses interpersonal peleburan keintiman dan berahi terhadap orang yang sama.
Pembelajaran yang penting penemuan diri dan dunia di luar diri.
7. Masa dewasa
Usia >20 tahun.
Orang lain yang signifikan kekasih.
Proses interpersonal mencapai hubungan cinta dengan setidaknya satu orang lain yang signifikan.
Pembelajaran yang penting persepsi dari kecemasan, kebutuhan, dan rasa aman orang lain.
Home » Kepribadian »
Psikoanalisis »
Psikologi »
Tokoh Lain
» Tahap Perkembangan Kepribadian Menurut Harry Stack Sullivan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)