Sejarah Tes Bercak Tinta (Tes Rorschach)

 
Pict by re-tawon.com
Sejarah
Tes Rorschach diciptakan oleh seorang psikiater Swiss bernama Hermann Rorschach (lahir 8 November 1884). Minat Hermann Rorschach terhadap ink blots (bercak tinta) dimulai sejak tahun 1911 sebagai hasil eksperimen selama 10 tahun (1911 – 1921) ia telah memilih dari antara beribu-ribu gambar ink-blots, suatu seri yang terdiri dari 10 gambar.
Minatnya pada bentuk dan persepsi seni muncul ketika ia masih berada di bangku sekolah. Ia dijuluki ‘klex’ atau ink-blot oleh teman-teman pergaulannya (Cassell, 1980). Saat bekerja di rumah sakit jiwa, Rorschach juga menangani para remaja. Ia menyadari bahwa beberapa anak memberikan karakteristik jawaban yang berbeda pada sebuah permainan populer waktu itu yang dikenal sebagai ‘blotto’ (klecksographie). Karena bekerja di Rumah Sakit Jiwa, maka Hermann Rorschach mendapat kesempatan yang leluasa untuk melakukan penelitian dan mengembangkan ink blots secara cermat. Pendekatan psikologis Herman Rorschach sendiri didasarkan atas pandangan yang global mengenai kepribadian tersebut. Roemer (1967) mencatat bahwa tujuan pertama Rorschach untuk mengembangkan sebuah tes bercak tinta adalah untuk meneliti refleks halusinasi subjek dengan melihat bercak tinta. 
Dalam publikasi awalnya, Rorschach mencirikan blot / bercak sebagai sebuah bentuk tes interpretasi, dan menekankan bahwa penemuan-penemuannya ini adalah awal dan pentingnya eksperimen-eksperimen lebih lanjut. Selain itu, Rorschach juga ingin meneliti apakah jawaban subyek lebih berdasarkan atas warna atau bentuk. Metode penyekoran yang dilakukannya adalah secara kualitatif. Namun, kemudian Bohm, Beck, Klopfer dan Kelley, Klopfer dan Davidson, Exner mengembangkan metode penyekoran secara kuantitatif dan mengusulkan konstruk kepribadian yang dapat diungkap. 

Daftar Pustaka


Abt, Lawrence Edwin, dan Leopold Bellak. 1959. PROJECTIVE PSYCHOLOGY. New York: Grove Press
Subandi, M.A., dan Ratna Wulan. 2002. TES RORSCHACH: Administrasi dan Skoring. Yogyakarta: Pustaka Pelajar