Manfaat Tes TAT dan Batasan Usianya





Media Cerita dalam TAT
Dalam usaha menyusun cerita, komponen kepribadian memegang peranan penting, karena ada dua kecenderungan:
1.  Kecenderungan bahwa seseorang akan menginterpretasikan sesuatu yang tidak jelas menurut pengalaman masa lalunya dan kebutuhan-kebutuhan masa kininya.
2.  Kecenderungan seseorang waktu membuat cerita untuk mengambil perbendaharaan pengalamannya dan mengekspresikan kesenangannya/ ketidaksenangannya maupun kebutuahnnya, baik disadari maupun tidak disadari. Sehingga gambar sebagai stimuli pemancing cerita ternyata lebih efektif untuk meggugah imajinasi, memaksa pembuat cerita berpikir sendiri mengenai masalah manusiawi yang disajikan.

Manfaat TAT
1.      Bermanfaat bagi semua studi dalam mengungkap dinamika kepribadian.
2.   TAT berguna dalam mempelajari secara keseluruhan kepribadian seseorang, sehingga dapat menginterpretasi tingkah laku abnormal, penyakit psikosomatis, neurosis, pemeriksaan forensik untuk mengevaluasi tersangka kejahatan, atau untuk melihat calon karyawan yang mudah smengalami  stres tingkat tinggi, dan dapat digunakan untuk anak minimun usia 4 tahun kalau dimungkinkan.
3.  TAT secara luas telah digunakan di Perancis dan Argentina sebagai tes untuk mengevaluasi potensi perwira. Hal ini juga digunakan oleh Dewan Seleksi Layanan India.
4.   Sebagai langkah pertama/ pengantar untuk melaksanakan serangkaian interview dalam psikoterapi ataupun pelaksanaan psikoanalisis yang sifatnya tidak mendalam. 

Usia Testee TAT
1.      Anak laki-laki dan perempuan usia 4—14 tahun. 
2.  Pria dan wanita usia 14 tahun ke atas. Meskipun TAT dapat digunakan untuk anak-anak usia 4—14 tahu, namun untuk anak usia 3—10 tahun lebih baik menggunakan CAT, sedangkan untuk usia 10 tahun ke atas lebih baik digunakan TAT