Materi dalam TAT (Thematic Apperception Test)




Alat tes yang digunakan dalam TAT adalah kertas dan alat tulis, alat perekam jika diperbolehkan testee, serta alat tes utama, yaitu 30 kartu gambar dan satu kartu kosong berukuran 4 x 6 inchi, dari 20 kartu 11 kartu untuk segala usia dan jenis kelamin termasuk kartu kosong, sedangkan 9 kartu disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin. Di bagian belakang kartu terdapat nomor dan huruf dimana nomor menunjukkan urutan kartu yang disajikan kepada testee dan huruf menunjukkan usia dan jenis kelamin yang cocok untuk diberi kartu tersebut.
B = Boy, untuk anak laki-laki.
G = Girl, untuk anak perempuan.
M = Male, untuk laki-laki dewasa.
F = Female, untuk wanita dewasa.
Deskripsi gambar dari kartu-kartu TAT Murray:
1.      Seorang anak laki-laki sedang memandangi sebuah biola yang terletak di atas meja di depannya.
2.      Pemandangan desa; disebelah depan ada seorang wanita membawa buku; dilator belakang ada seorng laki-laki sedang bkerja di lading dan seorang wanita lebih tua dari wanita pertama sedang memandanginya.
3.      GM. Dilantai seorang anak kali-laki sedang meringkuk menmpel sofa dengan kepalanya disandarkan di atas tangan kanannya. Disampingnya di lantai tergeletak sepucuk pistol.
GF. Seorang wanita sedang berdiri dengan kepala menunduk. Mukanya ditutupi dengan tangan kanannya. Tangan kirinya direntangkan pada suatu pintu kayu.
4.      Seorang wanita sedang memegang erat-erat bahu seorang pria yang badan dan wajahnya membelakangi wanita tadi. Pria ini seolah-olah berusaha menghindar dari wanita tadi.
5.      Seorang wanita setengah baya sedang berdiri di ambang pintu yang setengah terbuka dan mlihat kearah suatu kamar.
6.      BM. Seorang wanita tua pendek berdiri membelakangi seorang pria muda jangkung. Si pria memandang ke bawah dengan ekspresi wajah kebingungan.
GF. Seorang wanita sedang duduk ditepi sebuah sofa. Ia memandang kebelakang kea rah seorang pria yang lebih tua yang berpipa di mulutnya. Pria ini seakan-akan sedang berbicara dengan wanita tadi.
7.      BM. Seorng pria ubanan memndang seorang pria muda cemberut yang sedang melamun.
GF. Seorang wanita agak tua sedang duduk disamping seorang perempuan, sambil berbicara atau membacakan sesuatu untuk si anak. Si anak yang sedang memegangi boneka, memandang kearah lain.
8.      BM. Seorng pria remaja memandang lurus ke luar gmbar. Di satu sisi tampak sebuah laras senapan, dan dilator belakang tampak lamat-lamat seperti bayangan dalam mimpi, pemandangan semacam operasi.
GF. Seorang wanita muda duduk bertopang dagu sambil melamun.
9.      BM. Empat pria berpakaian kerja sedang tiduran santai di rerumputan. GF. Seorang wanita muda dengan majalah dan dompe di tangan memandang dari balik sebatang pohon seorang wanita muda lain berpakaian pesta yang sedang berlari-lari ditepi pantai.
10.  Kepala seorang wanita muda bersandar dibahu seorang pria.
11.  Suatu jalan menyusuri suatu jurang yang dalam diantara batu-bati cadas yang terjal. Diatas jalan dikejauhan ada gambaran-gambaran yang tidak jelas. Dari salah satu dinding cadas menjulur kepala dan leher panjang seekor naga.
12.  M. Seorang pria muda sedang berbaring memejamkan mata diatas dipan. Seorang pria tua membungkuk, tangannya terbuka diatas muka orang yang sedang berbaring.
F. Gambar seorang wanita muda. Dilatar belakangnya seorang wanita tua berkerudung dan menyeramkan sedang mengerutkan wajah.
BG. Sebuah kapal dayung didaratkan dipinggiran sungai didaerah berhutan.
13.  MF. Seorang pria muda sedang berdiri menunduk, mukanya ditutup dengan lengan. Dibelakangnya ada gambaran seorang wanita sedang berbaring diatas tempat tidur.
B. Seorang anak laki-laki kecil sedang duduk ditangga sebuah pondok kayu.
F. Seorang anak perempuan sedang memanjat tangga yang berkelok-kelok.
14.  Bayangan seorang pria (atau wanita) pada suatu jendela yang terang. Gambar sisanya seluruhnya gelap.
15.  Seorang pria kurus dengan tangan terpadu berdiri diatara batu-batu nisan.
16.  Kartu kosong.
17.  BM. Seorang pria tanpa busana sedang bergantung pada seutas tali. Ia sedang memanjat atau menurun.
GF. Sebuah jembatan diatas air, sesosok wanita bersandar menjulur diatas pagar jembatan itu. Dilatar belakangnya tampak gedung-gedung tinggi dan gambar-gambar kecil beberapa pria.
18.  BM. Seorang pria dipegang erat-erat dari belekang oleh tiga tangan. Tidak tampak gambar lawan-lawan orang ini.
GF. Seorang wanita tangannya mencekam lehr wanita lain yang tanpaknya didorong kebelakang kearah pagar tangga.
19.  Gambar yang menyeramkan, melukiskan kumpulan awan menyelimuti pondok yang tertutup salju dipedesaan.
20.  Gambar remang-remang seorang pria (atau wanita) bersandar pada tiang lampu dimalam buta.