Tahap Perkembangan Kepribadian Menurut Harry Stack Sullivan

1. Masa bayi  Usia 0-2 tahun.  orang lain yang sigifikan itu seseorang yang keibuan.  proses interpersonal kelembutan.  pembelajaran penting ibu yang baik atau ibu yang buruk, saya yang baik atau saya yang buruk.
2. masa kanak-kanak  usia 2-6 tahun.  orang lain yang signifikan adalah orang tua.  proses interpersonal perlindungan akan rasa aman melalui teman khayalan.  pembelajaran penting bahasa sintaksis.
3. masa juvenil  usia 6- 8,5 tahun.  orang lain yang signifikan teman bermain dengan status yang setara.  proses interpersonal orientasi akan hidup dalam dunia bersama kelompok teman.  pembelajaran penting persaingan, kompromi, kerjasama.
4. masa pra remaja  usia 8,5- 13 tahun.  orang lain yang signifikan teman tunggal.  proses interpersonal keintiman.  pembelajaran penting afeksi, dan rasa hormat dari kelompok teman.
5. Remaja awal  Usia 13- 15 tahun.  Orang lain yang signifikan beberapa teman.  Proses interpersonal keintiman dan berahi terhadap orang yang berbeda.  Pembelajaran penting keseimbangan berahi, keintiman, dan operasi rasa aman.
6. Remaja akhir  Usia 15-20 tahun.  Orang lain yang signifikan kekasih.  Proses interpersonal peleburan keintiman dan berahi terhadap orang yang sama.  Pembelajaran yang penting penemuan diri dan dunia di luar diri.
 7. Masa dewasa  Usia >20 tahun.  Orang lain yang signifikan kekasih.  Proses interpersonal mencapai hubungan cinta dengan setidaknya satu orang lain yang signifikan.  Pembelajaran yang penting persepsi dari kecemasan, kebutuhan, dan rasa aman orang lain.