Individu yang sehat/tidak sehat versi Adler

Kepribadian yang Sehat dan Tidak Sehat Rincian pokok teori Adler mengenai kepribadian yang norma/sehat adalah sebagai berikut:
1.Satu-satunya kekuatan dinamik yang melatarbelakangi aktivitas manusia adalah perjuangan untuk sukses atau menjadi superior.
2.Persepsi subjektif individu membentuk tingkah laku dan kepribadian
3.Semua fenomena psikologis disatukan didalam diri individu dalam bentuk self.
4.Manfaat dari aktivitas manusiaharus dilihat dari sudut pandang interes sosial.
5.Semua potensi manusia dikembangkan sesuai dengan gaya hidup dari self.
6.Gaya hidup dikembangkan melalui kreatif individu.

Alwisol (2006:78) Kepribadian yang tidak sehat Keprbadian yang tidak sehat menurut adler adalah individu yang tidak mampu mengatasi perasaan inferiornya dan juga dalam mencapai superior atau tujuan final mempunyai dorongan minat pribadi bukan dorongan minat sosial. Sebab utama kepribadian yang tidak sehat adalah perasaan rendah diri yang amat sangat yang ditimbulkan oleh: 1.Cacat mental atau fisik 
2.Penganiayaan oleh orang tua
3.Penelantaran.

Apabila ketiga hal diatas dibesar-besarkan maka perasaan rendah diri akan semakin berkembang. Kepribadian yang tidak sehat adalah hasil dari pengaruh lingkungan, yang pada umumnya berawal dari tingkah laku orang tua sewaktu masih kanak-kanak. Apabila pada diri individu berkembang situasi tegang karena memuncaknya perasaan rendah diri, maka kepribadian yang tidak sehat mulai berkembang: Upaya mengejar superioritas yang berlebihan.
a.Terlalu keras, hingga menjadi kaku (rigid).
b.Perfeksionistik tidak wajar. Sosial interes terganggu.
a.Hubungan sosial tidak mengenakkan.
b.Mengisolasi diri (selfish). Prayitno (1998:52)