Nih gan, ane kasih beberapa pengertian Intelegensi menurut para ahlinya

Definisi Intelegensi Menurut Para Ahli

1. Termann: Intelegensi adalah kemampuan untuk berfikir abstrak.
2. Thorndike: Intelegensi adalah kemampuan individu untuk memberikan respon yang tepat (baik) terhadap stimulasi yang diterimanya.
3. Wechlsler: Intelegensi adalah kemempuan untuk bertindak dengan mencapai suatu tujuan, untuk berfikir secara rasional dan untuk berhubungan dengan lingkungan secara efektif. Wechlsler juga menjelaskan bahwa:
  • Intelegensi bersifat global karena mencirikan tingkah laku individu sebagai satu kesatuan.
  • Intelegensi merupakan sebuah akumulasi yang tidak sepunuhnya berddiri sendiri tetapi secara kualitatif dapat dbedakan satu dengan yang lainnya
  • Dengan mengukur kecakapan-kecakapan yang tamapak dari tigkah laku seseorang aka kita data mengukur intelegensi seseorang namun intelegensi tidak sekedar kecakapan-kecakapan tetapi juga bersifat melebur.
4. Breckenridge dan Vincent: Intelegensi adalah kemampuan seseorang untuk belajar, menyesuaikan diri dan memecahkan masalah baru.
6. Spearman: Spearman membuat suatu rumusan intelegensi yang dinamai “general ability” yang berperan dalam menyimpan dan mengingat kembali suatu informasi, menyusun konsep-konsep, menangkap adanya hubungan-hubungan dan membuat kesimpulan, mengolah bahan-bahan dan menyusun suatu kombinasi baru dari bahan tersebut.
6. Vernon: Vernon membagi intelegensi menjadi 3 bagian :
  • Intelegensi adalah kapasitas bawaan yang diterima oleh anak dari orangtuanya melalui gen yang nantinnya akan menentukan perkembangan mentalnya
  • b.Intelegensi mengacu pada kepandaian, cepat dalam bertindak, baik dalam penalaran dan pemahaman serta efisien dalam aktifitas mental.
  • c.Intelegensi adalah umur mental atau IQ atau skor dari suatu tes intelegensi
7. Alfred Binet: Binet menyimpulkan bahwa intelegensi adalah lebih dari sekedar jumlah fungsi yang mendiri (berdiri sendiri ) dan oleh karena itu tingkah laku yang dianggap intelegen hendaknya dinilai berdasarkan pada aktifitas-aktifitas yang menggabungkan berbagai macam item. Binet juga berpendapat bahwa tingkat intelegensi dapat dibuktikan dari tangggapan orang-orang pada smua umur terhadap situasi yang ada dilingkungan sekitarnya.