Apa itu Bakat? ini Definisi Bakat

Kali ini kita akan membahas tentang Bakat, mulai dari pengertian, jenis, hingga karakteristik individu dengan bakat tertentu. Langsung aja yuk kita ulas

Pengertian Bakat


Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir. Istilah bakat dalam bahasa indonesia mempunyai beberapa arti. Bakat dipakai sebagai terjemahan dari kata aptitude, talented, gifted.
Klien (1984) menjabarkan konsep bakat sebagai kemampuan potensial yang dapat berkembang menjadi kempuan nyata.
Binet (1981) mengemukakan bakat adalah kondisi atau rangkaian karakter yang dipandang sebagai gejala kemampuan yang bersifat khusus (special ability atau special capacity) dari individu memperoleh pengetahuan, keterampilan,atau serangkaian respon melalui latihan-latihan. Bakat merupakan kualitas yang dimiliki individu menunjukan perbedaan tingkat individu yang satu dengan individu yang lain dalam satu bidang tertentu.
Woodwort dan Marquis (1957) mendefinisikan bakat sebagai salah satu dari kemampuan manusia. Kemampuan sendiri terdiri dari kemampuan nyata (achievement) yang dapat diukur dengan tes tertentu, kemampuan yang dapat dikembangkan dengan latihan yang rutin (capacity) dan kemampuan yang diturunkan dari orang tua atau genetik yang masih perlu dikembangkan dan dilatih.
 Bakat lebih menggambarkan kemampuan individu untuk berbuat dan sedikit sekali dipengaruhi oleh latihan (William B. Michael). Bakat juga merupakan kemampuan alamiah untuk memperoleh pengetahuan atau keterampilan, baik yang bersifat umum maupun khusus. Bakat yang bersifat umum maupun khusus disebut dengan bakat intelektual yang diperoleh dari bawaan dan latihan. Sedangkan bakat nonintelektual (aptitude) yang diperoleh dari latihan seperti bermusik atau melukis.

 Jenis dan Krakteristik bakat kita bahas di postingan selanjutnya ya