Wow ternyata ini pentingnya Intelegensi bagi Prestasi Belajar! Baca biar prestasi belajarmu meningkat

Sebelumnya kita udah bahas mengenai pengertian intelegensi dan apa saja jenis-jenis tes intelegensi, kali ini kita akan bahas mengenai hubungannya Intelegensi dengan Prestasi Belajar individu. Belum tau kan Intelegensi ada hubungannya sama Prstasi Belajar? ini dia penjelasannya

Pertama kita bahas dahulu apa itu prestasi belajaar?


a.    W.S. Winkel prestasi belajar adalah keberhasilan usaha yang dicapai seseorang setelah memperoleh pengalaman belajar atau mempelajari sesuatu.
b.    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah: penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.
c.   Menurut Djalal (1986: 4)  “prestasi belajar siswa adalah gambaran  kemampuan siswa yang diperoleh dari hasil penilaian proses belajar siswa dalam mencapai tujuan pengajaran”
d.  Hamalik (1994: 45) berpendapat bahwa prestasi belajar adalah perubahan sikap dan tingkah laku setelah menerima pelajaran atau setelah mempelajari sesuatu.
e. Benyamin S. Bloom (dalam Nurman, 2006 : 36), prestasi belajar merupakan hasil perubahan tingkah laku yang meliputi tiga ranah kognitif terdiri atas : pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi.
f. Saifudin Azwar (1996 :44) prestasi belajar merupakan dapat dioperasionalkan dalam bentuk indikator-indikator berupa nilai raport, indeks prestasi studi, angka kelulusan dan predikat keberhasilan. 


Lanjut di postingan selanjutnya yee