Pengertian Tes Minat, Definition of Interest Test



Pengertian Tes Minat
Kata tes berasal dari bahasa Latin testum, dulu mempunyai arti alat untuk mengukur tanah. Dalam bahasa Perancis kuno, kata test berarti ukuran yang dipergunakan untuk membedakan emas dan perak dari logam-logam yang lain. Oleh karena itu tes meupakan kegiatan yang berkaitan dengan ukur mengukur. Sementara pengertian minat itu sendiri sudah banyak diperbincangkan para ahli, diantaranya :
o   Aiken (1994)
Mendefinisikan minat sebagai kesukaan terhadap kegiatan melebihi kegiatan lain.
o   Hilgard (1991: 57)
interest is persisting tendency to pay attention to end enjoy some activity and content yang artinya, minat adalah kecenderungan yang kuat untuk memperhatikan hingga akhir, dan menikmati beberapa kegiatan dan memiliki rasa puas 
o   Sudirman A. M. (1988:6)
Minat diartikan sebagai suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan-keinginan dengan kebutuhan-kebutuhannya sendiri.
o   Pasaribu dan Simanjuntak
Minat sebagai suatu motif yang menyebabkan individu berhubugan secara aktif dengan sesuatu yang menariknya.
o   Zakiah Daradjat dkk. (1995: 133)
Mengartikan minat adalah kecenderungan jiwa yang tetap ke jurusan suatu hal yang berharga bagi orang. 
Jadi, minat adalah kecenderungan seseorang terhadap objek atau suatu kegiatan yang digemari, disertai dengan perasaan senang, adanya perhatian, dan keaktifan berbuat.
Sehingga dapat disimpulkan, tes minat merupakan suatu pengukuran yang dirancang untuk mengetahui dan menganalisis minat atau kecenderungan seseorang terhadap sesuatu yang dirasa menarik untuk dirinya.


Daftar Pustaka :
Liftiah, 2013. Pengantar Psikodiagnostik. Semarang
Fudyartanta, Ki. 2004. Pengantar Psikodiagnostik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Anastasi, Anne. 2007. Tes Psikologi, Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang
https://psikotessoftware.wordpress.com/software-tes-kuder/