apa itu Exeptional Intelegensi? berikut penjelasannya


Intelegensi manusia dapat digolongkan secara tradisional ke dalam golongan normal dan golongan tidak normal atau luar biasa atau yang disebut juga golongan eksepsional (exceptional). Untuk dapat melakukan penggolongan normal dan eksepsional diperlukan suatu kriteria yang dapat memberikan batas pemisah antara kenormalan dan ketidaknormalan.
Normalitas dapat dipandang dari segi statistika (secara statistikal) dan dapat dipandang dari segi situasi dan kondisi tertentu sesuai dengan waktu dan tempat. Eksepsionalitas dalam intelegensi dapat mengambil salah satu dari dua bentuk, yaitu berkemampuan superior atau istimewa (gifted, talented) dan lemah mental atau mental terhambat (mentally retarted). Anak yang digolongkan pada kategori gifted memiliki kemampuan yang melebihi rata-rata anak pada umumnya dalam hal atau bidang tertentu.

 Masih belum paham?

Jadi gampangya yang disebut Eveptional Inteigence adalah individu yang memiliki intelegensi dalam golongan luar biasa. Tetapi masih diperlukan suatu kriteria atau ciri-ciri tertentu yang menjadi pemisah dan membedakannya dengan intelegensi yang normal.