Pengertian Minat Menurut Ahli



Definisi Minat
Minat adalah suatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian terhadap sesuatu dan disertai keinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikan lebih lanjut Bimo Walgito (1981: 38).
W. S Winkel mengatakan bahwa minat adalah kecenderungan yang agak menetap untuk merasa tertarik pada bidang-bidang tertentu dan merasa senang berkecimpung dalam bidang itu (1983 : 38).

Witherington (1985 : 38) minat adalah kesadaran seseorang terhadap suatu objek, seseorang, suatu soal atau situasi tertentu yang mengadung sangkut paut dengan dirinya atau dipandang sebagai sesuatu yang sadar. Menurut (1994 : 83) bahwa minat suatu perangkat metal yang terdiri dari campuran perasaan, harapan, pendidikan, rasa takut, atau kecenderungan- kecenderungan lain yang menggerakan individu kepada suatu pilihan tertentu.

Aiken (1994) mendefinisikan minat sebagai kesukaan terhadap kegiatan  melebihi kegiatan lai. Minat ini merupakan keadaan mental yang menghasilkan respon terarah pada situasi atau objek tertentu yang menyenakkan dan memberi kepuasan padanya.

Menurut Sukardi (1994:83) bahwa minat merupakan salah satu unsur kepribadian yang memegang peranan penting dalam mengambil keputusan masa depan. Minat mengarahkan individu terhadap suatu obyek atas dasar rasa senang atau rasa tidak senang. Perasaan senang atau tidak senang merupakan dasar suatu minat. Minat seseorang dapat diketahui dari pernyataan senang atau tidak senang terhadap suatu obyek tertentu. 

Suryobroto (1988 : 109) mendefinisikan minat sebagai kecenderungan dalam diri individu untuk tertarik pada suatu objek atau menyenangi suatu obyek. Timbulnya minat terhadap suatu obyek ini ditandai dengan adanya rasa senang atau tertarik. Dapat dikatakan bahwa orang yang berminat terhadap sesuatu maka seseorang tersebut akan merasa senang atau tertarik terhadap obyek yang diamati tersebut.