Kuder Occupational Interest Survey



Kuder Occupational Interest Survey dan para pendahulunya.
Tes Kuder Preference Record-Vocational (KPR-V) disusun oleh G. Frederich Kuder, dimana perkembangan dari tes ini dimulai dari tahun 1934-1935 di bidang pendidikan. Pendekatannya pada pengukuran minat dibedakan dalam dua hal, yaitu pertama kuder menggunakan butir-butir soal tiga serangkai pilihan terbatas, dengan responden mengindikasikan yang mana dari tiga kegiatan itu yang paling disukai dan mana yang paling kurang disukai. Kedua, skor-skor diperoleh tidak untuk pekerjaan tertentu, melainkan untuk 10 bidang minat yang luas, yaitu di luar ruangan, mekanis, pekerjaan ilmiah, persuasif, artistik, sastra, musik, kerja sosial dan administrasi. Butir-butir soal untuk masing-masing skala dirumuskan dan secara tentatif  dikelompokkan atas dasar validitas isi, seleksi butir soal final didasarkan pada konsistensi internal dan korelasi rendah dengan skala-skala lainnya.
Tes minat Kuder ini dapat digunakan pada tingkat umur yang berbeda, yaitu:
*        Kuder General Interest Survey (KGIS)
KGIS dikembangkan kemudian sebagai revisi dan perluasan kebawah dari Kuder Preference Record-Vocational. KGIS didesain untuk anak-anak usia 6 sampai 12 tahun dengan bahasa yang sederhana yang menghabiskan waktu selama 45-60 menit untuk diselesaikan dan terdiri atas 168 kelompok pernyataan yang menjelaskan beragam aktivitas mana yang paling disukai dan mana yang kurang disukai.
Dalam pengembangannya tes ini telah menggunakan norma gender agar bias yang terjadi pada hasil tes antara laki-laki dan perempuan dapat dikurangi, dan norma pemisahan dibagi dalam 4 kelompok respon yakni anak laki-laki dan perempuan pada umur 6-8 tahun dan pada umu 9-12 tahun. Hasil tes minat dapat membantu membedakan perbedaan minat jelas yang terjadi antara laki-laki dan perempuan, dimana anak laki-laki memiliki skor rata-rata tertinggi dibidang mekanik, perhitungan, persuasif, dan ilmu pengetahuan. Sedangkan anak perempuan cenderung memiliki skor rata-rata tertinggi pada bidang artistik, musik,sastra, pelayanan sosial dan administrasi.
*        Kuder Occupational Interest Survey (KOIS)
KOIS ini didesain untuk usia dewasa dan menghabiskan waktu selama 30-40 menit untuk diselesaikan dan terdiri atas 100 item pertanyaan yang menjelaskan beragam aktivitas dari yang paling disukai dan yang kurang disukai. Dalam pengembangannya tes ini telah menggunakan perbandingan kepuasan pekerjaan antara individu yang sudah merasa puas dengan pekerjaannya dan yang merasa kurang puas dengan pekerjaan mereka, begitu juga dengan mahasiswa pada tingkat pilihan studi terfavoritnya. Skor yang diperoleh responden pada tiap skala minat ini dijadikan sebagai korelasi antara pola minatnya dan pola minat kelompok pekerjaan tertentu, dimana skor ini tersedia untuk109 kelompok pekerjaan khusus bagi  responden pekerja yang meliputi ahli kecantikan, pengacara, bahkan ahli kimia, serta 40 jurusan universitas. Kuder General Interest Survey (KGIS) dikembangkan kemudian sebagai revisi dan perluasan ke bawah dari Kuder Preference Record-Vocational. Tahun 1939 muncul bentuk form A terdiri dari 7 minat. Tiga tahun berikutnya 1942 muncul revisi bentuk form B terdiri dari 9 minat. Kemudian tahun 1948 direvisi kembali muncul bentuk form C terdiri dari 10 minat. Tes ini mengukur derajat variasi seseorang terhadap pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan.
{  Administasi
1.      Waktu
a.       40-60 menit (normal)
b.      2 jam (subjek kesulitan istilah-istilah tes minat ini)
2.      Material Tes
a.       Buku Persoalan Kuder
b.      Lembar Jawaban Kuder
c.       Kunci Kuder Nomor 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan Kunci V (11 kunci)
d.      Norma Standart Kuder
e.       Alat Tulis
3.      Pelaksanaan Tes
Tes ini dapat dilaksanakan secara individual maupun klasikal.
4.      Langkah-langkah Pelaksanaan
Subjek diminta untuk memilih satu pekerjaan yang paling disukai dan yang paling tidak disukai dari tiap golongan pekerjaan yang terdiri dari 3 pekerjaan dengan cara memberikan tanda ”x” pada lingkaran yang berada di sebelah kiri untuk pekerjaan yang disukai dan memilih satu pekerjaan yang paling tidak disukai dengan memberikan tanda “x” pada lingkaran di sebelah kanan.
Contoh :
P. Mengunjungi Pameran O P O
Q. Membaca Buku O Q O
R. Mengunjungi Museum O R O

Catatan : Subjek dapat membaca instruksi lebih detail pada halaman depan buku persoalan.
Ø  Bila terjadi kesalahan dan ingin membetulkan jawabannya, maka lingkarilah jawaban yang salah dan beri tanda “x” pada jawaban yang benar. Juga perlu ditegaskan pada sujek bahwa waktu yang dipergunakan sangat terbatas maka bekerjalah secepat-cepatnya, silahkan mulia apabila ada aba-aba mulai dan berhenti jika ada aba-aba berhenti.
Kegunaan
1.      Membantu suatu perusahaan dalam penerimaan karyawan baru.
2.      Membantu secara sistematik dalam seleksi pekerjaan
3.      Mengukur minat berdasarkan sikap dan ide-ide terhadap suatu pekerjaan
Skoring
a.       Mencocokkan jawaban subjek dengan kunci 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, V.
b.       Memasukkan skor mentah ke kolom sebelah kiri di lembar jawaban.
c.       Melihat tabel norma standart dan memasukkan hasilnya (skor standart) ke kolom sebelah kanan (percentile) di lembar jawaban.
Interpretasi
1.      OutDoor
Pekerjaan dimana aktivitasnya dilakukan di luar atau pekerjaan yang tidak berhubungan dengan hal-hal yang sifatnya rutin.
Contoh : Petani
2.      Mekanik
Pekejaan yang berhubungan atau menggunakan mesin alat-alat dan daya mekanik.
Contoh : Tukang Bubut
3.      Komputational
Pekejaan yang berhubungan dengan angka-angka.
Contoh : Akuntan
4.      Scientific
Pekerjaan yang dapat disebutkan sebagai keaktifan dalam hal analisa dan penyelidikan, kimia, eksperimen dan ilmu pengetahuan pada umumnya.
Contoh : Ahli Biologi
5.      Persuasif
Pekerjaan yang berhubungan dengan manusia, diskusi membujuk, bergaul dengan orang lain. Pada dasarnya adalah pekerjaan yang membutuhkan kontak dengan orang lain.
Contoh : Penyiar Radio
6.      Artistik
Pekerjaan yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat seni dan menciptakan sesuatu.
Contoh : Perancang Pakaian
7.      Literary
Pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan membaca mengarang.
Contoh : Penulis Sandiwara Radio
8.      Musical
Minat memainkan alat musik atau untuk mendengarkan orang lain menyanyi atau bermain musik, atau membaca sesuatu yang berhubungan dengan musik, penghargaan terhadap musik.
Contoh : Pemain Piano (Pianist).
9.      Social Service
Minat terhadap kesejahteraan penduduk, dengan keinginan untuk menolong atau membimbing / menasehati tentang problem dan kesulitan mereka.
Contoh : Psikolog Pendidikan
10.  Clericial
Minat terhadap tugas-tugas rutin yang menuntut ketepatan dan ketelitian.
Contoh : Penyusun Arsip
Norma
1.      0-24 %         : Minat rendah, subjek kurang menyukai kegiatan pada bidang tersebut.
2.     25-74 %          : Cukup menyukai atau tidak terlalu suka, daerah minat rata-rata (subjek cukup     menyukai kegiatan pada bidang tersebut).
3.     75-100 %      : Daerah minat yang tinggi, subjek paling menyukai kegiatan pada bidang tersebut.
Contoh Tes Kuder
1.      Pilih jenis kelamin sesuai testee
2.      Kerjakan tes dengan memberikan satu tanda silang (x) dibawah kolom (+) untuk kegiatan yang paling disukai dan satu tanda silang (x) dibawah kolom (-) untuk kegiatan yang paling tidak disukai.
3.      Lihat hasil scoring yang akan muncul otomatis jika semua soal telah diselesaikan.