TIPE-TIPE PENULISAN AITEM TES PRESTASI



A.      Penulisan Item Tipe Pilihan Ganda
Item pilihan ganda umumnya terdiri atas suatu kalimat pernyataan atau kalimat pertanyaan (yang disebut steam) dan beberapa pilihan jawaban yang disebut alternatif atau options. Salah satu diantara alternatif merupakan jawaban terbaik yang disebut key atau kunci jawaban, sedangan alternatif lainnya adalah jawaban yang salah yang disebut distraktor.
Suatu item pilihan ganda dapat dikembangkan dari suatu problem atau dari suatu proposisi. Dikatakan bahwa item yang didasarkan pada suatu problem umumnya mengukur abilitas atau kemampuan, sedangkan item yang didasarkan pada proposisi umumnya mengukur pengetahuan. Pada umumnya item tes objektif tipe pilihan ganda banyak didasarkan pada proposisi, yaitu suatu kalimat sederhana yang dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Proposisi ini dapat dikembangkan sedemikian rupa sehingga dalam tipe pilihan ganda jawabannya tidak sekedar benar dan salah akan tetap berupa pilihan terhadap pernyataan yang paling benar atau yang paling tepat.
Langkah awal dalam mengembangkan suatu item pilihan ganda yang didasarkan pada proposisi adalah memilih suatu proposisi yang penting, yaitu suatu proposisi yang menyatakan ide atau gagasan tunggal yang benar akantetapi dapat disangka salah. Kemudian dicari beberapa alternatif yang berlawanan dengan proposisi itu. Proposisi yang akan dipakai dalam penulisan item ini hendaklah proposisi yang penting dan relevan, karena efektivitas tes akan sangat tergantung pada kualitas proposisi yang digunakan. Langkah berikutnya adalah menentukan kata kunci atau bagian kalimat yang menjadi pokok proposisi, yang apabila diganti dengan kata alternatif, akan membuat proposisi itu menjadi salah.
Dibawah ini merupakan ilustrasi penerapan cara penulisan item pilihan ganda.
1.        Item hendaklah menanyakan hal yang ada gunanya untuk diketahui.
2.        Tulislah item yang berisi pernyataan pasti.
3.        Utamakan item yang mengandung pernyataan umum yang bertahan lama.
4.        Buatlah item yang berisi hanya satu gagasan saja.
5.        Buatlah item yang menyatakan inti pertanyaan dengan jelas. Gunakan kalimat sederhana dan tidak berlebih-lebihan.
6.        Sebaiknya item tidak didasari oleh pernyataan negatif.
7.        Gunakan bahasa yang jelas, kata yang sederhana, dan pernyataan yang langsung dalam menulis item.
8.        Item harus menawarkan alternatif bagi isi pernyataan yang paling penting.
9.        Berikan alternatif jawaban yang jelas berbeda.
10.    Alternatif yang ditawarkan hendaknya mempunyai stuktur dan arti yang sejajar atau dalam satu kategori.
11.    Penggunaan alternatif yang semata-mata meniadakan atau bertentangan dengan alternatif lain, haruslah dihindari.
12.    Bilamana mungkin, susunlah alternatif dalam urutan besarnya atau urutan logisnya.
13.    Penggunaan alternatif “bukan salah satu di atas” atau “semua yang di atas” hanya baik apabila kebenaran bersifat mutlak dan bukan semata-mata masalah lebih dan kurang baik atau masalah kebenaran relatif.
14.    Jangan menjebak subjek dengan menanyakan hal yang tidak ada jawabannya.
15.    Hindari penggunaan kata-kata yang dapat dijadikan petunjuk menjawab oleh subjek.

B.       Penulisan Item Tipe Benar-Salah
Item tipe benar salah berupa suatu pernyataan mengenai objek ukur yang diujikan yang diikuti oleh dua alternatif jawaban, yaitu benar dan salah.
Kesimpulan mengenai kebenaran pernyataan akan ditunjukkan pada pilihan yang diambilya pada alternatife yang tersedia. Tergantung pada tingkat kompetensi yang diungkap oleh isi pernyataan itu, maka untuk dapat memberikan jawaban benar atau salah akan dituntut kemampuan menurut tingkat penguasaan yang berbeda-beda.
Item-item tes yang mempunyai tipe benar-salah harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya.
1.      Item haruslah mengungkap ide atau gagasan yang penting.
2.      Item hendaknya menguji pemahaman, jangan hanya mengungkap ingatan mengenai suatu fakta atau hafalan.
3.      Kebenaran atau ketidakbenaran suatu item haruslah mutlak.
4.      Item harus menguji pengetahuan yang spesifik dan jawabannya tidak jelas bagi semua orang, kucuali bagi mereka yang menguasai pelajaran.
5.      Item harus dinyatakan dengan jelas.

C.      Penulisan Item Tipe Jawaban Pendek
Item tipe jawaban pendek berupa kalimat pernyataan yang harus dijawab dengan jawaban singkat, umumnya tidak lebih dari satu atau dua kata, atau berupa kalimat pernyataan yang belum selesai sehingga subjek harus mengisikan kata untuk melengkapi kalimat tersebut.
Keunggulan item tipe ini sebetulnya terletak pada kemudahan menulisnya serta banyaknya jumlah item yang dapat dicakup dalam setiap pengenaan tes. Hanya saja biasanya item tipe jawaban pendek sulit utuk digunakan mengungkap taraf kompetensi yang tinggi dan karenanya lebih cocok untuk dikenakan pada siswa dari tingkat pendidikan dasar.
Petunjuk penulisan item tipe jawaban pendek adalah:
1.        Pertanyaan atau pernyataan item harus dtulis dengan hati-hati sehingga dapat dijawab dengan satu jawaban pasti.
2.        Sebaiknya pikirkan jawabannya lebih dahulu baru kemudian menulis pertanyaannya.
3.        Gunakan pertanyaan langsung, kecuali bilamana model kalimat tak selesai akan memungkinkan jawaban yang lebih jelas.
4.        Usahakan agar dalam pertanyaan tidak terdapat petunjuk yang mungkin digunakan oleh subjek dalam menjawab item.
5.      Jangan menggunakan kata atau kalimat yang langsung dikutip dari buku.

D.      Penulisan Item Tipe Pasangan
Item tipe pasangan agak menyerupai item tipe pilihan ganda dalam arti tugas penjawab adalah memilih diantara beberapa pilihan yang cocok untuk dipasangkan dengan stimulus yang ada. 
Item tipe pasangan disajikan dalam dua kelompok atau dua bagian, yang sebelah kiri adalah kumpulan stimulus yang disebut premis dan disebelah kanan adalah kumpulan kata yang harus dipasangkan dengan premis yang disebut sebagai respon.
Beberapa petunjuk penulisan item pasangan adalah sebagai berikut.
1.        Premis dan respon hendaknya dibuat dalam jumlah yang tidak sama.
2.        Baik premis maupun respon hendaknya masing-masing berisi hal yang homogen, yaitu dari sejenis kategori isi.
3.        Usahakan agar premis dan responnya berisi kalimat-kalimat atau kata yang pendek.
4.        Buatlah petunjuk pemasangan yang jelas sehingga subjek mengetahui dasar apakah yang harus digunakan dalam memasangkan premis dan respon.
5.        Susunlah premis dan respon masing-masing secara alfabetis.

E.       Penulisan Item Tipe Karangan (Essay)
Item tipe karangan, dari segi pemberian skornya, biasanya tidak digolongkan sebagai item objektif. Tipe ini sangat populer dikarenakan mudahnya ditulis, dan bagi sebagaian orang dianggap sebagai cara terbaik untuk mengungkap kemampuan mengorganisir fikiran dan menyatakan pengetahuan secara lengkap.
Item tipe karangan berbentuk suatu pertanyaan, biasanya pendek, yang menuntut subjek untuk memberikan jawaban yang terurai. Dikarenakan jawaban yang diberika selalu dalam bentuk ekpresi tulis yang panjang, maka biasanya suatu tes yang ditulis dalam tipe karangan tidak dapat berisi banyak item. Oleh karena itu, perlu pertimbangan dari pihak penulis item agar hanya menanyakan hal-hal penting yang kiranya dapat mengungkap pemahaman subjek secara komprehensif.
Beberapa petunjuk penulisan item tes karangan.
1.    Berikan pertanyaan atau tugas yang menghendaki agar subjek menunjukkan penguasaan pengetahuan yang penting.
2.    Buatlah pertanyaan yang arah jawabannya pasti, sehingga para ahli dapat setuju bahwa satu jawaban akan lebih baik daripada lainnya.
3.    Sebaiknya tidak menanyakan sikap atau pendapat.
4.    Sebaiknya pertanyaan diawali dengan kata-kata seperti: bandingkan, berikan alasan, jelaskan mengapa, beri contoh, dan semacamnya.
5.    Jangan beri kesempatan subjek untuk memilih hanya sebagian diantara pertanyaan yang disediakan untuk dijawabnya.
6.    Sebaiknya tulis dahulu suatu jawaban ideal, baru kemudian menyusun pertanyaannya.