A.
Penulisan
Item Tipe Pilihan Ganda
Item pilihan
ganda umumnya terdiri atas suatu kalimat pernyataan atau kalimat pertanyaan
(yang disebut steam) dan beberapa pilihan jawaban yang disebut alternatif atau
options. Salah satu diantara alternatif merupakan jawaban terbaik yang disebut
key atau kunci jawaban, sedangan alternatif lainnya adalah jawaban yang salah
yang disebut distraktor.
Suatu item
pilihan ganda dapat dikembangkan dari suatu problem atau dari suatu proposisi.
Dikatakan bahwa item yang didasarkan pada suatu problem umumnya mengukur
abilitas atau kemampuan, sedangkan item yang didasarkan pada proposisi umumnya
mengukur pengetahuan. Pada umumnya item tes objektif tipe pilihan ganda banyak
didasarkan pada proposisi, yaitu suatu kalimat sederhana yang dapat dinyatakan
sebagai benar atau salah. Proposisi ini dapat dikembangkan sedemikian rupa
sehingga dalam tipe pilihan ganda jawabannya tidak sekedar benar dan salah akan
tetap berupa pilihan terhadap pernyataan yang paling benar atau yang paling
tepat.
Langkah awal
dalam mengembangkan suatu item pilihan ganda yang didasarkan pada proposisi
adalah memilih suatu proposisi yang penting, yaitu suatu proposisi yang
menyatakan ide atau gagasan tunggal yang benar akantetapi dapat disangka salah.
Kemudian dicari beberapa alternatif yang berlawanan dengan proposisi itu.
Proposisi yang akan dipakai dalam penulisan item ini hendaklah proposisi yang
penting dan relevan, karena efektivitas tes akan sangat tergantung pada
kualitas proposisi yang digunakan. Langkah berikutnya adalah menentukan kata
kunci atau bagian kalimat yang menjadi pokok proposisi, yang apabila diganti
dengan kata alternatif, akan membuat proposisi itu menjadi salah.
Dibawah ini
merupakan ilustrasi penerapan cara penulisan item pilihan ganda.
1.
Item hendaklah menanyakan hal yang ada gunanya
untuk diketahui.
2.
Tulislah item yang berisi pernyataan pasti.
3.
Utamakan item yang mengandung pernyataan umum
yang bertahan lama.
4.
Buatlah item yang berisi hanya satu gagasan
saja.
5.
Buatlah item yang menyatakan inti pertanyaan
dengan jelas. Gunakan kalimat sederhana dan tidak berlebih-lebihan.
6.
Sebaiknya item tidak didasari oleh pernyataan
negatif.
7.
Gunakan bahasa yang jelas, kata yang sederhana,
dan pernyataan yang langsung dalam menulis item.
8.
Item harus menawarkan alternatif bagi isi
pernyataan yang paling penting.
9.
Berikan alternatif jawaban yang jelas berbeda.
10. Alternatif
yang ditawarkan hendaknya mempunyai stuktur dan arti yang sejajar atau dalam
satu kategori.
11. Penggunaan
alternatif yang semata-mata meniadakan atau bertentangan dengan alternatif
lain, haruslah dihindari.
12. Bilamana
mungkin, susunlah alternatif dalam urutan besarnya atau urutan logisnya.
13. Penggunaan
alternatif “bukan salah satu di atas” atau “semua yang di atas” hanya baik
apabila kebenaran bersifat mutlak dan bukan semata-mata masalah lebih dan
kurang baik atau masalah kebenaran relatif.
14. Jangan
menjebak subjek dengan menanyakan hal yang tidak ada jawabannya.
15.
Hindari penggunaan kata-kata yang dapat dijadikan
petunjuk menjawab oleh subjek.
B.
Penulisan
Item Tipe Benar-Salah
Item tipe benar salah berupa suatu pernyataan
mengenai objek ukur yang diujikan yang diikuti oleh dua alternatif jawaban,
yaitu benar dan salah.
Kesimpulan mengenai kebenaran pernyataan akan
ditunjukkan pada pilihan yang diambilya pada alternatife yang tersedia.
Tergantung pada tingkat kompetensi yang diungkap oleh isi pernyataan itu, maka
untuk dapat memberikan jawaban benar atau salah akan dituntut kemampuan menurut
tingkat penguasaan yang berbeda-beda.
Item-item tes yang mempunyai tipe benar-salah harus
memenuhi beberapa kriteria, diantaranya.
1. Item
haruslah mengungkap ide atau gagasan yang penting.
2. Item
hendaknya menguji pemahaman, jangan hanya mengungkap ingatan mengenai suatu
fakta atau hafalan.
3. Kebenaran
atau ketidakbenaran suatu item haruslah mutlak.
4. Item
harus menguji pengetahuan yang spesifik dan jawabannya tidak jelas bagi semua
orang, kucuali bagi mereka yang menguasai pelajaran.
5. Item
harus dinyatakan dengan jelas.
C.
Penulisan
Item Tipe Jawaban Pendek
Item tipe jawaban pendek berupa kalimat pernyataan
yang harus dijawab dengan jawaban singkat, umumnya tidak lebih dari satu atau
dua kata, atau berupa kalimat pernyataan yang belum selesai sehingga subjek
harus mengisikan kata untuk melengkapi kalimat tersebut.
Keunggulan item tipe ini sebetulnya terletak pada
kemudahan menulisnya serta banyaknya jumlah item yang dapat dicakup dalam
setiap pengenaan tes. Hanya saja biasanya item tipe jawaban pendek sulit utuk
digunakan mengungkap taraf kompetensi yang tinggi dan karenanya lebih cocok
untuk dikenakan pada siswa dari tingkat pendidikan dasar.
Petunjuk penulisan item tipe jawaban pendek adalah:
1.
Pertanyaan atau pernyataan item harus dtulis
dengan hati-hati sehingga dapat dijawab dengan satu jawaban pasti.
2.
Sebaiknya pikirkan jawabannya lebih dahulu baru
kemudian menulis pertanyaannya.
3.
Gunakan pertanyaan langsung, kecuali bilamana
model kalimat tak selesai akan memungkinkan jawaban yang lebih jelas.
4.
Usahakan agar dalam pertanyaan tidak terdapat
petunjuk yang mungkin digunakan oleh subjek dalam menjawab item.
5. Jangan
menggunakan kata atau kalimat yang langsung dikutip dari buku.
D.
Penulisan
Item Tipe Pasangan
Item tipe pasangan agak menyerupai item tipe pilihan
ganda dalam arti tugas penjawab adalah memilih diantara beberapa pilihan yang
cocok untuk dipasangkan dengan stimulus yang ada.
Item tipe pasangan disajikan dalam dua kelompok atau
dua bagian, yang sebelah kiri adalah kumpulan stimulus yang disebut premis dan
disebelah kanan adalah kumpulan kata yang harus dipasangkan dengan premis yang
disebut sebagai respon.
Beberapa petunjuk penulisan item pasangan adalah
sebagai berikut.
1.
Premis dan respon hendaknya dibuat dalam jumlah
yang tidak sama.
2.
Baik premis maupun respon hendaknya masing-masing
berisi hal yang homogen, yaitu dari sejenis kategori isi.
3.
Usahakan agar premis dan responnya berisi
kalimat-kalimat atau kata yang pendek.
4.
Buatlah petunjuk pemasangan yang jelas sehingga
subjek mengetahui dasar apakah yang harus digunakan dalam memasangkan premis
dan respon.
5.
Susunlah premis dan respon masing-masing secara
alfabetis.
E.
Penulisan
Item Tipe Karangan (Essay)
Item tipe karangan, dari segi pemberian skornya,
biasanya tidak digolongkan sebagai item objektif. Tipe ini sangat populer
dikarenakan mudahnya ditulis, dan bagi sebagaian orang dianggap sebagai cara
terbaik untuk mengungkap kemampuan mengorganisir fikiran dan menyatakan
pengetahuan secara lengkap.
Item tipe karangan berbentuk suatu pertanyaan,
biasanya pendek, yang menuntut subjek untuk memberikan jawaban yang terurai.
Dikarenakan jawaban yang diberika selalu dalam bentuk ekpresi tulis yang
panjang, maka biasanya suatu tes yang ditulis dalam tipe karangan tidak dapat
berisi banyak item. Oleh karena itu, perlu pertimbangan dari pihak penulis item
agar hanya menanyakan hal-hal penting yang kiranya dapat mengungkap pemahaman
subjek secara komprehensif.
Beberapa petunjuk penulisan item tes karangan.
1. Berikan
pertanyaan atau tugas yang menghendaki agar subjek menunjukkan penguasaan
pengetahuan yang penting.
2. Buatlah
pertanyaan yang arah jawabannya pasti, sehingga para ahli dapat setuju bahwa
satu jawaban akan lebih baik daripada lainnya.
3. Sebaiknya
tidak menanyakan sikap atau pendapat.
4. Sebaiknya
pertanyaan diawali dengan kata-kata seperti: bandingkan, berikan alasan,
jelaskan mengapa, beri contoh, dan semacamnya.
5. Jangan
beri kesempatan subjek untuk memilih hanya sebagian diantara pertanyaan yang
disediakan untuk dijawabnya.
6. Sebaiknya
tulis dahulu suatu jawaban ideal, baru kemudian menyusun pertanyaannya.