Bentuk-Bentuk Agresivitas Secara Umum



Berkowitz membagi aresi menjadi 2 bentuk, yaitu :
1.     Agresi Permusuhan, yaitu sebuah tindakan agresif yang berasal dari perasaan marah dan bertujuan untuk menyakiti orang lain.
2.    Agresi Instrumental, yaitu agresi yang bertujuan untuk menyakiti orang lain, juga memiliki tujuan lebih dari sekedar menyakiti.

Buss dan Perry mengelompokan agresivitas menjadi 4 bentuk, yaitu : agresi fisik, agresi verbal, agresi dalam bentuk marah, agresi dalam bentuk kebencian. Bentuk-bentuk agresivitas ini yang akan digunakan sebagai alat ukur dalam penyusunan skala agresivitas.
  • Agresi Fisik, merupakan komponen perilaku motorik, seperti melukai dan menyakiti orang lain secara fisik. Misal menyerang, memukul, menendang, atau membakar.
  • Agresi Verbal, merupakan komponen motorik seperti melukai atau menyakiti orang lain melalui verbalis, misalnya berdebat menunjukkan ketidaksukaan atau ketidaksetujan, menyebar gosip dan kadang bersikap sarkastis.
  • Rasa Marah, merupakan afeksi atau emosi seperti keterbangkitan dan kesiapan psikologis untuk bersikap agresif. Misalkan mudah kesal, hilang kesabaran, dan tidak mampu mengontrol rasa marah. 
  • Sikap Permusuhan, merupakan perwakilan dari komponen perilaku kognitif seperti persasaan benci dan curiga pada orang lain, merasa kehidupan yang dialami tidak adil dan iri hati.