Rothwell
Miller Interest Blank (RMIB)
Menurut sejarahnya, tes tersebut disusun oleh Rothwell pertama kali
pada tahun 1947. Saat itu tes hanya memiliki sembilan jenis kategori dari
jenis-jenis pekerjaan yang ada. kemudian pada tahun 1958, tes diperluas dari
sembilan kategori menjadi dua belas kategori oleh Kenneth Miller. dan
sejak itu, maka tes minat tersebut dinamakan sebagai Test Interest Rothwell
Miller. Hal –hal yang merupakan kekhususan dari tes ini adalah:
·
Dapat dimasukkan kedalam
susunan batarry tes.
·
Lebih mudah dikerjakan
oleh subjek.
·
Tugas pengisian
dari tes ini akan menimbulkan minat subjek dan kerjasama yang aktif sifatnya.
·
Skor dapat disusun
dengan lebih cepat.
·
Lebih cocok apabila
diberikan kepada orang dewasa.
·
Hasil keseluruhan dari
tes akan memperlihatkan pola interest dari subjek.
Tes
ini disusun dengan tujuan untuk mengukur interest seseorang berdasarkan sikap
seseorang terhadap suatu pekerjaan.hal yang didasarkan atas ide-ide stereotip
terhadap pekerjaan yang bersangkutan. Pemikiran yang mendasari pembentukan tes
ini adalah bahwa setiap orang memiliki konsep-konsep stereotip terhadap
jenis-jenis pekerjaan yang tersedia atau yang disediakan oleh masyarakat, dan
yang kemudian memilih pekerjaan yang sesuai dengan ide-ide tersebut, meskipun
terdapat juga stereotip yang tidak berdasarkan ide tertentu atau tidak ada
hubungannya sama sekali dengan pekerjaan yang dimaksud. stereotip seperti ini
lebih banyak mendasarkan konsepnya pada hal-hal yang menarik daripada hal-hal
yang merupakan kekhususan dari pekerjaan tersebut. Keadaan semacam ini sangat
memungkinkan terjadinya atau timbulnya stereotip yang benar atau salah sama
sekali.
Misalnya
saja stereotip dari pegawai bank adalah orang yang selalu berhubungan dengan
pembayaran atau uang adalah benar, tetapi pendapat umum yang mengatakan bahwa
pekerjaan seorang pramugari adalah pekerjaan yang penuh dengan hal-hal yang
menyenangkan, seperti jalan-jalan keluar negeri, gaji besar dan sebagainya
adalah tidak sesuai dengan kenyataan, seperti tugas melayani penumpang yang
justru merupakan tugas pokok dari seorang pramugari.
Tapi
tujuan terpenting dari tes ini bukanlah hanya sekedar untuk mengetahui
kebenaran dari stereotip tersebut, tetapi untuk mengetahui bahwa konsep
tersebut benar-benar ada dan dapat merupakan pengaruh yang kuat terhadapa
konsep-konsep seseorang mengenal suatu pekerjaan, karena biasanya apabila
seseorang menyatakan suka atau tidak suka terhadap suatu pekerjaan tertentu,
maka mereka juga memperlihatkan sikap yang sama terhadapnya idenya, meskipun
secara kenyataan banyak pekerjaan yang berbeda dengan konsepnya.
MATERIAL
TES RMIB
Tes interest Rothwell-miller merupakan suatu formulir
yang berisikan suatu daftar pekerjaan yang disusun menjadi sembilan kelompok
dengan kode huruf dari A sampai I dan dibedakan antara pria dan wanita.
Masing-masing kelompok pekerjaan tertentu dengan alasan bahwa banyak pekerjaan
yang dapat digolongkan menjadi satu jenis kategori.
Adapun ke dua belas kategori tersebut adalah :
1.
Outdoor
Pekerjaan yang aktivitasnya dilakukan diluar atau di
lapangan terbuka.
Untuk laki-laki: petani, juru ukur, nelayan, supir.
Untuk wanita: ahli pertamanan, peternak, petani bunga
dan tukang kebun.
2.
Mechanical
Pekerjaan yang berhubungan dengan mesin, alat-alat dan
daya mekanik.
Untuk laki-laki: insinyur sipil, montir, pembuat
arloji, tukang las.
Untuk wanita: ahli kacamata, petugas mesin sulam, ahli
reparasi permata, ahli reparasi jam.
3.
Computational
Pekerjaan yang berhubungan dengan angka-angka.
Untuk laki-laki: akuntan, auditor, kasir, petugas
pajak.
Untuk wanita: pegawai urusan gaji, juru bayar, pegawai
pajak, guru ilmu pasti.
4.
Scientific
Pekerjaan yang dapat disebut sebagai keaktifan dalam
hal analisa dan penyelidikan, eksperimen, kimia dan ilmu pengetahuan pada
umumnya.
Untuk laki-laki: ilmuwan, ahli biologi, ahli astronomi
dan insinyur kimia industry
5.
Personal Contact
Pekerjaan yang berhubungan dengan manusia, diskusi,
membujuk, bergaul dengan orang lain. Pada dasarnya adalah suatu pekerjaan yang
membutuhkan kontak dengan orang lain.
Untuk laki-laki: penyiar radio, petugas wawancara,
sales asuransi, pedagang keliling.
Untuk wanita: sales girl, pegawai rumah mode, penyiar
radio, petugas humas.
6.
Aesthetic
Pekerjaan yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat
seni dan menciptakan sesuatu.
Untuk laki-laki: seniman, artis, arsitek, dekorator,
fotografer dan penata panggung.
Untuk wanita: seniwati, guru kesenian, artis, dan
penata panggung.
7.
Literary
Pekerjaan yang berhubungan dengan buku-buku, kegiatan
membaca dan mengarang.
Untuk laki-laki: wartawan, pengarang, skenario, dan
ahli perpustakaan,
Untuk wanita: wartawan, kritikus buku, dan penyair.
8.
Musical
Minat memainkan alat-alat musik atau untuk mendengarkan
orang lain, bernyanyi atau membaca sesuatu yang berhubungan musik
Untuk laki-laki: pianis konser, komponis, pemain organ,
ahli pustaka dan pramuniaga took musik.
Untuk wanita: pemain organ, guru music, komponis,
pianis konser, pramuniaga took music.
9.
Social service
Minat terhadap kesejahteraan penduduk dengan keinginan
untuk menolong dan membimbing atau menasehati tentang problem dan kesulitan
mereka. Keinginan untuk mengerti orang lain, dan mempunyai ide yang besar atau
kuat tentang pelayanan.
Untuk laki-laki: guru SD, psikolog pendidikan, kepala
sekolah, penyebar agama, petugas palang merah.
Untuk wanita: guru SD, psikolog pendidikan, petugas
kesejahteraan social, ahli penyuluh jabatan, petughas palang merah.
10. Clerical
Minat terhadap tugas-tugas rutin yang menuntut
ketepatan dan ketelitian.
Untuk laki-laki: manajer bank, petugas arsip, petugas
pengiriman barang, pegawai kantor, petugas pos, petugas ekspedisi(surat).
Untuk wanita: sekertaris pribadi, juru ketik, kami
steno, pegawai kantor, penyusun arsip,.
11. Practical
Minat terhadap pekerjaan-pekerjaan yang praktis, karya
pertukangan, dan yang memerlukan keterampilan.
Untuk laki-laki: tukang kayu, ahli bangunan, ahli
mebel, tukang cat, tukan batu, tukang sepatu.
Untuk wanita: ahli piƱata rambut, tukang bungkus coklat, tukang binatu, penjahit, petugas mesin sulam, juru masak.
Untuk wanita: ahli piƱata rambut, tukang bungkus coklat, tukang binatu, penjahit, petugas mesin sulam, juru masak.
12. Medical
Minat terhadap pengobatan, mengurangi akibat dari
penyakit, penyembuhan, dan di dalam bidang medis, serta terhadap hal-hal
biologis pada umumnya.
Untuk laki-laki: dokter, ahli bedah, dokter hewan, ahli
farmasi, dokter gigi, ahli kacamata, ahli rontgen.
Untuk wanita: dokter, ahli bedah, dokter hewan, pelatih
rehabilitasi pasien, perawat orang tua.
ADMINISTRASI
RMIB
Tes interest Rothwell-Miller (RMIB) dapat diberikan
kepada seseorang secara perseorangan ataupun masal. kepada mereka
diinstruksikan untuk membuat rangking dari daftar pekerjaan yang tersedia dalam
formulir tes. Rengking di mulai dengan nomor satu untuk pekerjaan yang paling
disukai dalam satu kelompok dan berakhir dengan nomor dua belas untuk pekerjaan
yang paling tidak disukai, sesuai dengan jumlah pekerjaan yang terdapat satu
kelompok.
Instruksi biasanya sudah terdapat dalam formulir
sehingga bagi mereka responden yang sudah dewasa dapa di instruksikan untuk
membaca sendiri kecuali untuk orang dewasa yang mempunya intelejensi rendah.
Bagi yang terakhir ini diadakan pengevualian,
disebabkan karena mereka dianggap atau diragukan kemampuannya untuk memahami
maksud instruksi yang tertulis, sehingga perlu diberikan beberapa contoh untuk
dapat mengerjakannya dengan tepat. Bahkan ini pun masih harus dilengkapi dengan
memeriksanya setiap saat untuk mencegah kemungkinan berbuat kesalahan.
Instruksi secara mendetai adalah sebagai berikut :
1. Pertama-tama katakan kepada mereka : “Bila saudara
sudah menerima formulir, tulislah lama, dan keterangan-keterangan lain mengenai
diri Saudara di kolom yang sudah disediakan di sebelah atas dalam
formulir”.
2. Sesudah beberapa saat, di lanjutkan : “Kemudian bacalah
instruksi yang terdapat dalam formulir tersebut” Bunyi instruksi secara
tepatnya adalah sebagai berikut” di bawah ini akan Saudara temui daftar dari
bermacam-macam pekerjaan yang tersusun dalam nenerapa kelompok. Setiap kelompok
terdiri dari dua belas macam pekerjaan. Setiap pekerjaan merukan keahlian
khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan keahlian tersendiri. Mungkin
hanya beberapa diantaranya yang Saudara sukai. akan tetapi disini Saudara
diminta untuk memilih pekerjaan mana yang ingin Saudara lakukan atau paling
Saudara sukai, terlepas dari besar kecilnya upah atau gaji yang akan Saudara
terima atau apakah Saudara akan berhasil dalam mengerjakannya. Tugas Saudara
adalah mencamtumkan no atau angka di belang setiap pekerjaan perkelompok, mulai
dengan n0 1 untuk pekerjaan yang anda sukai dan seterusnya sampai no 12 untuk
pekejaan yang paling tidak disukai.Bekerjalah dengan secepatnya dan tuliskan
nomor-nomor sesuai dengan keinginan Saudara yang pertama. Jangan ada yang
terlewatkan.
3. Di beri waktu lagi untuk beberapa saat, dan….. ;“Ada
pertanyaan?” Untuk responden
dengan intelejensi yag rendah dapat diberikan beberapa ilustrasi sebagai
berikut :“ Seandainya saudara mempunyai suatu daftar beberapa buah-buahan
misalkan jeruk, nanas, dan rambutan. dan kemudian saya tanyakan kepada soudara
buah mana yang paling anda sukai. apabial Saudara paling suka buah mangga maka
Saudara tulis nomor atau angka satu di belakang mangga, dan kemudian lebih suka
nanas daripada dua yang lainnya, maka angka Saudara tulis angka dua di belakang
nanas. demikian seterusnya sehingga di belakang setiap nama buah terdapat angka
yang menunjukan urutan dari buah-buah kesukaan Saudara. Sekarang Saudara sudah
harus mengerjakan seperti tadi akan tetapi daftar yang terdapat di dalam
formulir ini adalah daftar pekerjaan bukan daftar buah-buahan. Di sini juga
Saudara harus memilih pekerjaan mana yang paling anda sukai beri angka satu di
belakangannya, nomor dua untuk pekerjaan yang anda sukai dan demikian
seterusnya. sehingga semua mempunyai angaka di belakangnya yaitu nomor satu
sampai dengan nomor dua belas.
4. Apabila tidak terdapat pertanyan maka instruksi data di
teruskan: “sekarang kerjakan, dan
lengkapilah formulir itu sesuai dengan instruksi tadi. mengenai beberpaa
pekerjaan yang belum atau kurang saudara kenal dapat anda baca keterangannya
dibagian akhir formulir ini.
5. Apabila saudara membuat kesalahan coretlah nomor yang
salah tersebut dan tulislah angka ynag benar di samping angka yang salah.
Saudara selesai mengerjakannya dapat mengembalikan formulir tersebut.
6. Kemudian sesudah responden selesai mengisi atau membuat
rangking kepada mereka di instruksikan untuk menulis tiga jenis pekerjaan yang
disukainya, tidak tergantung pada jenis pekerjaan yang terdapat di dalam
daftar. boleh menulis pekerjaan yang terdapat dalam daftar boleh juga tidak. Waktu pengambilan tes tidak terbatas
akan tetapi biasanya seorang dewasa dapat mengerjakannya dua puluh menit.
CARA
SKORING RMIB
Sesudah rangking di buat oleh responden, maka hasil
rengking tersebut kemudian di pindahkan ke dalam suatu kerangka yang terdapat
di bagian terakhir dari formulir tes ini.
CARA
PENGISIAN RMIB
Rengking dari kelompok A di masukkan kedalam kerangka sesuai
dengan aslinya. Rangking kelompok B di mulai dari kolom Me Kelompok C dimulai
dari kolom Comp, dan seterusnya sehingga dalam kelompok akhir akan terdapat
bahwa jenis pekerjaan yang letaknya terbawa dalam susunan daftar pekerjaan akan
menjadi paling atas dalam kelompok tabulasi.
PENGGUNAAN HASIL INTEPRETASI RMIB
Hasil interpretasi RMIB dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalm
mengarahkan atau memberikan interview. Atau dapat pula digunakan sebagai bahan
diskusi kelompok untuk mengembangkan suatu apresiasi terhadap kebutuhan akan
adanya pekerjaan yang memuaskan.